Senin, 31 Agustus 2020

Jalan-jalan ke Perpustakaan Umum Provinsi Jawa Timur

 

Foto dari Facebook/@disperpussipprovjatim

Senin minggu lalu telah dibahas 5Perpustakaan yang wajib kamu kunjungi jika sedang berada dikota Surabaya, salah satunya yaitu Perpustakaan Umum Provinsi Jawa Timur. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur atau bisa juga disebut Perpusda Provinsi Jawa Timur ini berlokasi di Jalan Menur Pumpungan No.32 Surabaya.

Perpustakaan yang menjadi Perpustakaan Pembina di Jawa Timur ini sangat mudah kok ditemukan, ada ditengah kota bersebelahan dengan Kampus Stiesia Surabaya. Dengan Kendaraan umum atau Gojek juga bisa jika akan berkunjung kesana. Saya sendiri pertama kali kesini saat masih Mahasiswa dan beberapa kesempatan saat telah bekerja.

Ada apa saja sih di Perpustakaan Umum Provinsi Jawa Timur ini, coba kita jelajahi …

Jam Operasional Layanan Perpustakaan

Jam buka layanan Senin-Kamis pukul 08.00-19.00, Jum’at pukul 08.00-18.00, istirahat Jum’at pukul 11.00-13.00, Sabtu-Minggu pukul 08.00-13.00. Tanggal Merah Hari Libur Nasional dan cuti bersama TUTUP.

Jam buka layanan Perpustakaan Umum Provinsi Jawa Timur ini sebelumnya sampai malam akan tetapi karena masih kondisi pandemi jam buka layanan terbatas yaitu Senin-Kamis pukul 08.00-15.00 WIB, Jum’at pukul 08.00-14.00 WIB, Sabtu-Minggu TUTUP, Tanggal Merah Hari Libur Nasional dan cuti bersama TUTUP.

Syarat menjadi Anggota Perpustakaan

Untuk menjadi anggota Perpustakaan juga sangat mudah, syarat utama yaitu Ber-KTP Jawa timur, karena saya non Jawa Timur jadi saat disana tidak bisa mendaftar tetapi hanya menikmati berbagai layanan dan tidak bisa meminjam koleksi.

Berikutnya pengunjung mengisi data diri sesuai KTP tadi dikomputer pendaftaran mandiri, setelah mengisi dengan benar dan lengkap langsung menuju ke petugas bagian foto dengan menunjukkan KTP dan No Anggota yang telah kita dapat. Kemudian diambil foto cekrek dan dilakukan pencetakan kartu anggota, tak sampai 5 menit KTA Perpustakaan langsung jadi dan bisa digunakan.

Fasilitas & Kondisi Ruang Baca

Ruang baca di Perpustakaan ada dua yaitu ruang baca umum dan ruang baca anak, Ruang baca umum berada digedung utama layanan. Ada berbagai fasilitas yang bisa dinikmati seperti loker, fasilitas computer untuk mencari koleksi, pendingin ruangan, dan juga koneksi internet nirkabel dengan kecepatan tinggi.

Untuk masuk ke ruang baca umum prosedurnya yaitu datang ke Perpustakaan, kemudian mengisi buku tamu dikomputer yang disediakan. Setelah itu menuju ke bagian loker meminta kunci loker dan menukarnya dengan Kartu identitas.

Sedangkan Ruang baca anak dibedakan lokasinya gedungnya tepat disamping gedung utama layanan Perpustakaan, diruang baca anak ada berbagai koleksi khusus anak yang menarik dan tata ruanganya juga disesuaikan dengan target pengunjungnya yakni anak-anak. Ruangannya cukup nyaman dan membuat pemustaka cilik betah berlama-lama. Kalau punya buah hati dan tinggal di Surabaya tak ada salah dicoba kesini yaa..

Layanan

Jenis-jenis layanan Perpustakaan yang ada di Perpusda Provinsi Jawa Timur ini sangat banyak ada 12 layanan yang bisa dinikmati yaitu :

  • Layanan Sirkulasi
  • Layanan Perpustakaan Keliling
  • Layanan Rujukan
  • Layanan Rujukan Cepat
  • Bimbingan pemakaian sumber rujukan
  • Layanan Penelusuran Literatur
  • Layanan Audio Visual
  • Layanan Penyediaan Bahan Pustaka
  • Bimbingan Membaca
  •  Layanan Mendongeng pada Anak
  • Layanan Foto Copy

Media Informasi

Untuk mengakses informasi tentang Perpustakaan Umum Provinsi Jawa Timur bisa mengunjungi website resminya dan juga melalui Media Sosial Perpustakaan Provinsi Jawa Timur, untuk instragram silahkan difollow @disperpussipprovjatim.

Oh iya selama pandemic covid-19 ini layanan Perpustakaanya juga ada yang baru diantaranya Live Dolen (Dongeng Online via IG) dan Live BAHASA (Bahasa Apa Saja)

Jika kamu penasaran silahkan dikunjungi yaa, terutama jika kamu warga Jawa Timur atau Mahasiswa yang sedang studi di kota Surabaya wajib kamu datangi banyak koleksi yang bisa dimanfaatkan  dengan fasilitas yang cukup mendukung dan tentunya GRATIS.

Salam Literasi & Maju terus Perpustakaan di Indonesia

Sumber Referensi

Pengalaman Pribadi dan melalui Website resmi PerpustakaanUmum Provinsi Jawa Timur

Tidak ada komentar:

Posting Komentar