Senin, 03 Agustus 2020

Mudahnya membuat Kartu Anggota Perpustakaan Nasional RI

                                            Foto : Instagram/rahna_asadin

Kalau kamu sedang berada di Jakarta tak lengkap rasanya jika tidak mampir di Perpustakaan Nasional RI

Gedung Perpustakaan Nasional RI di Indonesia sendiri ada di dua lokasi pertama untuk Perkantoran beralamat di Jalan Salemba Raya No.28A dan kedua yang sangat megah untuk gedung layanan Perpustakaan ada di Jalan Medan Merdeka Selatan No.11 Jakarta atau bisa dikatakan ring 1 pemerintahan dan berdekatan dengan kawasan Monas.

Gedung layanan yang baru ini diresmikan langsung oleh Presiden Jokowi pada 14 September tahun 2017, Gedung ini menjadi gedung Perpustakaan Nasional tertinggi di dunia yakni 126,3 meter dengan 27 lantai termasuk parkir bawah tanah.

Kalau belum kenal Perpustakaan Nasional yuk kita bahas sebentar apa sih itu Perpustakaan Nasional itu?

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas) adalah lembaga pemerintah nonkementrian yang melaksanakan tugas pemerintahan dalam bidang perpustakaan yang berfungsi sebagai perpustakaan Pembina, perpustakaan rujukan, perpustakaan deposit, perpustakaan penelitian, perpustakaan pelestarian, dan pusat jejaring perpustakaan serta berkedudukan di ibukota Negara.

Untuk mendaftar menjadi anggota Perpustakaan Nasional pun sangat mudah sekali, pengalaman pribadi saat pertama kali mengunjunginya pada September 2018.

Pertama-tama setelah puas berswafoto didepan gedung yang mana ada tulisan “Perpustakaan Nasional Republik Indonesia” dalam 5 bahasa (spot favorite pengunjung nih), langsung masuk lobi dan menuju ke lantai 2 bagian Layanan Keanggotaan.

Kedua siapkan Kartu Tanda Penduduk untuk memasukkan data diri secara mandiri pada computer yang telah disediakan hingga lengkap lalu diakhiri dengan cetak nomor antrian.

Ketiga tunggu antrian untuk pengambilan foto kartu anggota, daann tak sampai 5 menit KTA Perpustakaan Nasional kita sudah jadi dan siap digunakan maupun untuk menambah koleksi kartu didompet. Sangat mudah sekali bukann

Bonusnya satu lagi yakni dibagian Rooftop atau lantai paling atas kita bisa melihat kawasan Monumen Nasional dari atas dan tentunya sangat bagus pemandangannya, jangan lupa abadikan momen juga disini yaa..

Karena ada 24 lantai jadi membutuhkan waktu yang tidak sebentar jika ingin menjelajah semuanya, jadi alokasikan banyak waktumu jika datang kesini yaa.

Ayook datang kesini, kamu juga bisa mengunjungi websitenya Perpusnas RI

Salam Literasi & Maju terus Perpustakaan di Indonesia


Sumber Referensi :

Jokowi Resmikan Gedung Perpustakaan Nasional Tertinggi di dunia

Wikipedia Perpusnas RI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar