Kamis, 30 Juli 2020

3 istilah ini hanya mahasiswa ilmu perpustakaan dan pustakawan yang tahu


Ada beberapa istilah yang hanya diketahui oleh mahasiswa ilmu Perpustakaan dan Pustakawan di seluruh Indonesia, bagi kamu yang baru pertama kali mendengar pasti akan berpikir keras apa sih maksutnya istilah itu.
 
Sedang bagi Mahasiswa ilmu Perpustakaan dan para Pustakawan atau orang-orang yang berkecimpung di dunia Perpustakaan dan Informasi sudah sangat hapal betul istilah-istilah ini. Berikut ini ketiga istilah tersebut

Pemustaka

Gambar dari sini

Pemustaka adalah istilah bagi pengunjung yang datang ke perpustakaan atau konsumen dari perpustakaan. Istilah ini juga asing bagi orang kebanyakan  dan hanya mahasiswa perpustakaan dan Pustakawan yang tahu ini so berbanggalah sekaligus mempopulerkan istilah ini yaa


Shelving

Gambar dari sini

Ini adalah istilah yang sudah umum bagi mahasiswa perpustakaan atau pustakawan pengelola informasi, namun kebanyakan orang-orang tidak paham dan kadang menertawakan apa sih istilah itu. Shelving adalah mengembalikan buku yang dikembalikan oleh pemustaka dan selesai dibaca ke rak sesuai dengan kode klasifikasinya.

Penataan koleksi (shelving) yaitu penempatan buku-buku pada rak menurut tatacara tertentu sehingga mudah untuk ditemukan kembali oleh pemakai. Penemuan kembali (retrieval) berarti menemukan informasi yang disimpan di Perpustakaan untuk keperluan pemakai (Sulistyo-Basuki,1991 hal.98-99)

DDC
Gambar dari sini

DDC kependekan dari Dewey Decimal Classification, nah ini berbahasa inggris dan mahasiswa ilmu perpustakaan wajib menguasai ini. Sistem pengelompakan disiplin ilmu persepuluhan yang banyak digunakan perpustakaan-perpustakaan di seluruh dunia tidak terkecuali di Indonesia. 

Sebenarnya di Indonesia DDC Elektronik buatan Pustakawan Magetan Pak Rotmianto atau yang sekarang bernama e-class, bisa dicari grupnya di Facebook.

Nah, demikian tadi 3 istilah yang hanya mahasiswa perpustakaan dan para Pustakawan yang tahu.
  1. Pemustaka
  2. Shelving 
  3. DDC 
Lain kali akan kita ulas berbagai istilah-istilah lain tentang keilmuan Perpustakaan dan Informasi di lain waktu yaa.

Salam Literasi dan Maju terus Perpustakaan di Indonesia
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar