Senin, 24 Agustus 2020

5 Perpustakaan yang wajib kamu kunjungi jika sedang berada di kota Surabaya

 

Surabaya, siapa yang kenal dengan kota yang satu ini. Surabaya adalah kota kedua terbesar di Indonesia setelah Jakarta yang juga sebagai ibukota Provinsi Jawa Timur.

Surabaya juga mendapat julukan sebagai kota Pahlawan, karena untuk mengenang jasa Pahlawan yang mengusir para penjajah dari Indonesia pada pertempuran 10 November.

Indah dan bersejarahnya kota Surabaya menjadi jujukan para wisatawan baik dari wisatawan local maupun wisatawan mancanegara. Banyak sekali tempat-tempat wisata, bangunan kuno, museum, taman dan pusat perbelanjaan serta Perpustakaan yang biasanya ramai dikunjungi warga kota dan para wisatawan tadi.

Nah, Perpustakaan adalah salah satu tempat untuk berwisata edukasi, dikota Surabaya kepedulian walikota terhadap budaya literasi sangat tinggi dibuktikan dengan dibentuknya Taman Bacaan Masyarakat ditiap-tiap RW dan Kelurahan di seluruh wilayah kota Surabaya.

Selain itu, ada lima Perpustakaan yang bisa kamu datangi jika sedang berada di kota Surabaya, kira-kira Perpustakaan mana apa saja yaa..

  • Perpustakaan Umum Provinsi Jawa Timur


Foto dari sini
Perpustakaan Umum Provinsi Jawa Timur atau Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur ini bisa kamu kunjungi, alamatnya di Jalan Menur Pumpungan No.32 Surabaya, lokasinya tepat disebelah kampus STIESIA. Biasanya yang memanfaatkan Layanan Perpustakaanya adalah para pelajar dan mahasiswa yang menimba ilmu di Surabaya. Banyak fasilitas maupun bahan bacaan yang bisa dimanfaatkan. Yuk datang kesini.

  • Perpustakaan Umum kota Surabaya


Foto dari sini
Perpustakaan Umum kota Surabaya beralamat Jl. Rungkut Asri Tengah No.5-7, Rungkut Kidul, Kec. Rungkut, Kota SBY, Jawa Timur 60295. Perpustakaan ini dikelola oleh Pemerintah kota Surabaya atau Dinas Perpustakaan dan Kearsipan kota Surabaya. Terdiri dari 2 lantai biasanya selalu dipadati pengunjung siswa  SD, SMP, dan SMA. Koleksinya mulai dari fiksi, non-fiksi, buku pelajaran, hingga buku pengetahuan umum. Menarik khan..

  • Perpustakaan Balai Pemuda


Perpustakaan Balai Pemuda ini juga sama seperti sebelumnya dikelola oleh Pemkot Surabaya, bedanya lokasi Perpustakaan ini ditengah kota dan ada dikawasan Balai Pemuda atau sekarang kawasan ini juga dikenal dengan Alun-Alun kota Surabaya. Saya pernah punya pengamalan saat berkunjung dan memang nyaman ruang bacanya serta ada berbagai fasilitas yang menarik ada wahana edukasi untuk anak dan berbagai buku-buku bacaan.

  • Perpustakaan Bank Indonesia Surabaya


Perpustakaan ini juga wajib kamu datangi lokasinya ada di Jalan Raya Darmo tepatnya di Jl.Mayangkara No.6 Surabaya, Perpustakaan Bank Indonesia Surabaya ini mudah dicari karena berada di dekat Kebun Binatang Surabaya atau tepat diseberang took Buku Togamas Diponegoro. Perpustakaan ini dikelola oleh Bank Indonesia, Perpustakaan ini bisa dikatakan Perpustakaan Khusus akan tetapi juga menyediakan berbagi buku diluar subjek perbankan. Yang unik dari Perpustakaan adalah Bangunan dan juga suasana diluar Perpustakaan yakni Taman Mayangkara yang sejuk dan asri.

  • C2O Library & Collabtive


Foto dari sini
Perpustakaan ini juga wajib kamu datangi yaa, alamatnya ada di Jalan Doktor Cipto No.22 DR.Sutomo Kec.Tegalsari kota Surabaya. Perpustakaan ini didirikan pada pertengahan tahun 2008, C2O Library & Collabtive adalah Perpustakaan Swadaya dan Ruang Kerja Bersama. Perpustakaan dan koleksi C2O terbuka untuk umum dan gratis untuk dibaca di tempat. Namun untuk meminjam, Anda perlu mendaftar sebagai anggota. Kunjungi situsnya di https://c2o-library.net/

Bagsimana tertarik untuk mengunjungi Perpustakaan-Perpustakaan ini ? kalau tertarik silahkan didatangi yaa jika kamu sedang berada di kota Surabaya.

Demikian tadi ada 5 Perpustakaan yang wajib kamu datangi jika sedang dikota Surabaya Perpustakaan Umum Provinsi Jawa Timur, Perpustakaan Umum kota Surabaya, Perpustakaan Balai Pemuda, Perpustakaan BI, dan C2O Library & Collabtive

Salam Literasi & Maju terus Perpustakaan di Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar