Kamis, 27 Agustus 2020

Pentingnya Perpustakaan Perguruan Tinggi bagi civitas akademik

 


Foto : Perpustakaan Kampus B Unair dari sini

Perpustakaan disebuah kampus atau perguruan tinggi biasanya menjadi tempat favorit bagi para Mahasiswa baik Mahasiswa tingkat awal atau tingkat Akhir, tetapi biasanya yang sering adalah Mahasiswa tingkat akhir karena mereka memanfaatkan koleksi untuk mengerjakan tugas akhir atau skripsi.

Untuk Mahasiswa yang bukan tingkat akhir biasanya memanfaatkan Perpustakaan Perguruan Tinggi untuk diskusi kelompok, mengerjakan tugas, memanfaatkan koneksi internet, membaca buku atau malah sekedar ngadem di Perpustakaan.

Sebenarnya apa sih Perpustakaan Perguruan Tinggi itu sendiri?

Berdasarkan Standar Nasional Perpustakaan Peguruan Tinggi No 010:2012 Perpustakaan Perguruan Tinggi adalah Perpustakaan yang bertujuan memenuhi kebutuhan informasi pengajar dan mahasiswa di Perguruan Tinggi, Perpustakaan perguruan tinggi dapat juga terbuka untuk public.

Menurut Prof.Sulistyo-Basuki Perpustakaan Perguruan Tinggi adalah Perpustakaan yang yang terdapat pada Perguruan Tinggi, badan bawahannya maupun lembaga yang berafiliasi dengan Perguruan Tinggi, dengan tujuan utama membantu Perguruan Tinggi mencapai tujuannya.

Kita mungkin pernah mendengar Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu Perguruan Tinggi berfungsi sebagai tempat Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat.

Perpustakaan Perguruan Tinggi memiliki peran besar dalam mensukseskan Tri Dharma Perguruan Tinggi tersebut, diantaranya dengan menyediakan koleksi yang dibutuhkan oleh civitas akademika. Perpustakaan juga menghimpun berbagai koleksi hasil penelitian civitas akademik biasanya dikelola dengan khusus bisa dalam bentuk ruang baca Koleksi Khusus Grey Literature atau koleksi khusus Skripsi, Disertasi.

Adapun tujuan Perpustakaan Peguruan Tinggi diantaranya menyediakan bahan Perpustakaan  dan akses informasi bagi pemustaka untuk kepentingan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, mengembangkan mengorganisasi dan mendayagunakan koleksi, meningkatkan literasi informasi pemustaka, mendayagunakan teknologi informasi dan komunikasi serta melestarikan bahan Perpustakaan baik isi maupun medianya.

Fungsi Perpustakaan Perguruan Tinggi yaitu fungsi pendidikan, fungsi informasi, fungsi penelitian, fungsi rekreasi, fungsi publikasi, fungsi deposit dan fungsi interpretasi.

Jadi, sebuah Perpustakaan di lingkungan Perguruan Tinggi atau kampus sangat penting keberadannya yakni untuk mendukung fungsi Tri Dharma Perguruan Tinggi sendiri. Kalau Perpustakaan Sekolah adalah jantung sekolah tentu Perpustakaan Perguruan Tinggi adalah jantung dari Perguruan Tinggi.

Sudahkah kamu mengunjungi Perpustakaan di kampusmu ?

Salam Literasi & Maju Terus Perpustakan di Indonesia

Sumber Referensi :

SNP 010:2012 tentang Perpustakaan Perguruan Tinggi

Perpustakaan Perguruan Tinggi menurut para ahli

Tidak ada komentar:

Posting Komentar