Kamis, 03 September 2020

Sudah sehatkah jantung sekolahmu

 


Foto : Instagram/@kebunbukulibrary

Ibarat tubuh fungsi dari jantung sangatlah vital bagi kehidupan, bila terjadi sesuatu pada jantung atau bahkan berhenti berdetak maka sangat berbahaya efeknya.

Sekolah juga mempunyai sebuah jantung yang harus dijaga dan dirawat untuk menunjang pendidikan disekolah, Perpustakaan lah jantung sekolah.

Lalu seberapa penting keberadaan Perpustakaan di sekolah, rasa-rasanya ada yang menggapnya sangat penting, penting atau bahkan malah tidak penting.

Sebenarnya apa sih Perpustakaan Sekolah itu sendiri ?

Perpustakaan Sekolah/ Madrasah menurut Undang-Undang No.43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan adalah Perpustakaan yang merupakan bagian integral dari kegiatan pembelajaran dan berfungsi sebagai pusat sumber belajar untuk mendukung tercapainya tujuan pendidikan yang berkedudukan di sekolah/ madrasah.

Perpustakaan Sekolah adalah salah satu jenis Perpustakaan selain Perpustakaan Desa, Perpustakaan Khusus, Perpustakaan Perguruan Tinggi dan Perpustakaan Nasional.

Sebagaimana jenis Perpustakaan yang lain, Perpustakaan Sekolahj juga perlu dikelola dengan baik dan sesuai Standar Nasional Perpustakaan. Perpustakaan Nasional RI sebagai Perpustakaan pembinapun sudah mengeluarkan panduan SNP Perpustakaan Sekolah mulai tingkat sekolah dasar sampai tingkat menengah atas.

SNP 007 2012 untuk Perpustakaan Sekolah SD/ MI, SNP 008 2012 untuk Perpustakaan Sekolah SMP/ Mts, dan SNP 007 2012 untuk Perpustakaan Sekolah SMA/ MA. Dalam SNP ini dijelaskan dengan detail berbagai komponen untuk mendukung terselenggaranya Perpustakaan Sekolah.

Kenyataanya sekarang dibanyak sekolah terutama tingkat dasar Pengelolaan Perpustakaan sekolahnya terkesan asal-asalan dan tidak mengikuti berbagai pedoman dan bahkan masih ada sekolah yang tidak memiliki Perpustakaan. Tentunya hal ini sangat disayangkan bila terjadi.

Peran Perpustakaan Sekolah

Perpustakaan sekolah berperan besar dalam mendukung pendidikan disekolah dan harus menjadi tempat yang nyaman bagi siswa ketika berada didalamnya. Pengelolaanya harus baik mulai dari segi koleksi yang mendukung, karena biasanya hanya ada buku pelajaran sehingga membuat siswa malas masuk ke Perpustakaan Sekolah.

Sarana dan Prasarana Perpustakaan seperti ruangan, tata ruang, perabot rak buku meja dan kursi baca, perangkat TI dan perangkat pendukung lainnya. Pemilihan lokasi Perpustakaan juga penting, dan harus strategis disental sekolah bukan dipojokan atau dekat toilet.

Dukungan Pemangku kebijakan disekolah juga diperlukan selain moril juga tersedianya selalu anggaran untuk Perpustakaan sekolah, didalam UU No 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan pasal 83 huruf f juga telah disebutkan “mengalokasikan dana paling sedikit 5% (lima persen) dari anggaran belanja operasional sekolah/ madrasah atau belanja barang diluar belanja pegawai dan belanja modal untuk pengembangan Perpustakaan”.

Untuk pengelola Perpustakaan Sekolah jika tidak ada Pustakawan bisa dikelola oleh Guru biasanya seorang guru yang ditugasi khusus mengelola Perpustakaan. Guru ini bisa disebut Guru Pustakawan

Selain itu untuk meningkatkan kunjungan siswa ke Perpustakaan sekolah juga dilakukan misalnya jam kunjung siswa ke sekolah, atau dilakukan pembelajaran sesekali di Perpustakaan sehingga siswa akan kenal dan nyaman di Perpustakaan Sekolahnya.

Semakin kesini memang semakin banyak Sekolah yang telah sadar dan mengelola Perpustakaannya dengan baik sesuai standar, dan tentunya semuga kedepan semua sekolah sadar dan menjadikan Perpustakaan sebagai jantung sekolah dan pendidikan. Kalau jantung sekolah sudah sehat tentunya tujuan pendidikan disekolah akan tercapai.

Salam Literasi & Maju terus Perpustakaan di Indonesia

Sumber Referensi :

UU No.43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan

SNP Perpustakaan Sekolah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar