Senin, 10 Agustus 2020

Kenalan dengan Perpusda Kobar

Foto : Instagram.com/rahna_asadin
 

Tak Kenal Maka Tak Sayang, Tak Sayang Maka Tak Cinta

Apakah kamu tahu di Kotawaringin Barat itu ada Perpustakaan Umum/ Daerah yang keren dan sangat keren lohh ? Bagi kamu warga Kotawaringin Barat atau biasa disebut Kobar rugi jika tak datang kesini, pokoknya asyik..

Saya sendiri adalah anak Kobar yang akhirnya berkesempatan mengunjungi Perpustakaan Daerah Kotawaringin Barat untuk pertamakalinya pada bulan Oktober 2019, selama ini hanya melihat via medsos dan sebetulnya sudah sejak lama ingin berkunjung kesana karena bekerja diluar kota dan rumah berlokasi agak jauh dari Pangkalan Bun ‘red butuh waktu 1-2 jam.

Kalau belum tahu lokasinya ada di Jalan Sutan Syahrir No 15 Pangkalan Bun, disamping Kantor BKPP Kobar atau diseberang Rumah Sakit Sultan Imanuddin, tak sulit menemukannya karena gedungnya pun sudah tampak menarik dilihat dari luarnya.

Begitu masuk pertama kali kita langsung berhadapan dengan front office dan diberikan arahan untuk mengisi buku tamu di computer yang tersedia, setelah mengisi absen jika membawa barang bawaan bisa pinjam kunci loker dengan cara menukar identitas.

Ruang Baca di Perpusda Kobar ini menurut saya sangat kerenn dan hidup, ruang baca dindingnya dicat dengan aneka warna yang menarik ditambah dengan fasilitas meja dan kursi baca yang juga nyaman. Suasana sangat enak dan tidak membosankan karena filosofi warna dinding ruang itu sangat mempengaruhi mood dan psikologi pengguna. Koleksinya juga sangat banyak dan menarik.

Disebelah ruang baca untuk umum  dan remaja ada Ruang Baca khusus anak dan lagi-lagi ruangan dan berbagai perabotnya disetting sangat menarik dan cukup menghibur bagi pemustaka cilik selain itu ada juga berbagai alat permainan edukasi yang bisa dimanfaatkan dan banyak lagi.

Untuk cara menjadi anggotanya juga cukup mudah diantaranya :

  • Membawa fotokopi KTP/ Katu Keluarga 1 lembar,
  • Mengisi formulir pendaftaran,
  • Bagi yang tidak memiliki KTP/ KK Kobar bisa melampirkan surat keterangan domisili dari RT  setempat,
  • Bersedia mematuhi ketentuan dan tata terbit dan
  • Pastinya tidak dipungut biaya (GRATIS)

*Tak perlu bawa foto karena foto dilakukan langsung ditempat, prosesnya pun cukup cepat tak sampai 5 menit KTA langsung jadi dan bisa digunakan untuk mengakses layanan dan meminjam buku.

Ada juga layanan computer internet dan Wifii yang bisa dimanfaatkan oleh Pemustaka baik pelajar,mahasiswa atau masyarakat umum lainnya. Sebelum ada Pandemi Layanan Perpustakaan Daerah Kobar buka setiap hari Senin-Minggu pukul 07.00-20.00 WIB, tanggal merah dan hari libur nasional TUTUP.

Tetapi selama masa Pandemi Covid-19 ini Layanan Perpustakaan mengalami perubahan yang mana hanya buka hari kerja dengan jam yang terbatas, semuga pandemi lekas berlalu agar layanan bisa normal kembali Aamiin.

Jadi bagi kamu warga Kotawaringin Barat ayook datang dan manfaatkan keberadaan Perpustakaan Daerah Kobar ingat kalau kita sudah tidak bersekolah/ Lulus Pendidikan maka di Perpustakaan Umum lah kita bisa terus belajar karena Pengetahuan itu adalah Kekuatan.

Sekilan dulu, ini adalah pengalaman pribadi sangat mengunjungi Perpusda Kobar, jika penasaran kamu bisa Follow akun Instagram dari Perpusda Kobar di @DPK.Kobar.

Salam Literasi & Maju terus Perpustakaan di Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar