Senin, 07 September 2020

Berkunjung ke Perpustakaan Umum Provinsi Kalteng


Foto : Instagram/@perpustakaankalteng

Hari senin kali ini kita akan menjelajah dan mengenal lebih jauh Perpustakaan Umum Provinsi Kalimantan Tengah. Meski pribadi belum pernah berkunjung kesana akan tetapi sebagai warga Kalimantan Tengah sudah seharusnya mengetahui Perpustakaan Daerah terbesar dan yang menjadi Perpustakaan Pembina bagi Perpustakaan Umum Kab/ Kota di Provinsi Kalimantan Tengah ini.

Perpustakaan Umum Kalteng atau Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Kalimantan Tengah adalah Perpustakan Provinsi yang berlokasi di Jl.AIS Nasution No.11 kota Palangka Raya Provinsi Kalimantan Tengah. Tentunya sebagai Perpustakaan Pembina berlokasi diibukota Provinsi yakni kota Palangka Raya.

Bagi kamu yang sedang berkunjung ke kota Palangka Raya atau para Pelajar/ Mahasiswa di Palangka Raya alangkah baiknya disempatkan berkunjung dan memanfaatkan berbagai fasilitas dan koleksi buku yang tentunya Gratis diakses oleh masyarakat.

Lalu ada apa saja disana….

Jam Layanan Perpustakaan

Jam buka Layanan Perpustakaan yaitu Senin-Jum’at pukul 07.00-15.30 WIB, Sabtu-Minggu pukul 08.00-12.00 WIB, Tanggal Merah Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama TUTUP

Oh iyaa selama Pandemi Jam Layanan Perpustakaan mengalami perubahan lebih pendek yakni Senin-Kamis pukul 07.00-13.00 WIB, Jum’at pukul 07.00-11.00 WIB, Sabtu-Minggu TUTUP  serta Tanggal Merah Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama TUTUP

Syarat Menjadi Anggota

Untuk syarat menjadi anggota cukup mudah diantaranya : Mengisi Formulir Pendaftaran, Foto Copy kartu identitas (KTP,SIM, Kartu Pelajar, Kartu Mahasiswa) sebanyak 1 lembar, dan pas foto berwarna ukuran 3x4 sebanyak 2 lembar.

Fasilitas dan kondisi Ruang Baca

Kondisi ruang baca Perpustakaan ada dua lantai berbeda untuk lantai 1 diperuntukan ruang sirluasi, ruang pembuatan kartu anggota, ruang penelusuran OPAC, Ruang baca anak, Ruang Baca Remaja, Ruang Baca Dewasa, dan Ruang Internet.

Sedangkan dilantai 2 ada Ruang Baca Dewasa dan Ruang Baca Referensi, selain itu berbagai fasilitas dan koleksi buku berbagai disiplin ilmu bisa kalian nikmati disini.

Layanan

Untuk layanan Perpustakaan menggunakan sistem layanan terbuka (open access) dimana pemustaka dapat mencari, memilih dan mengambil sendiri koleksi yang dibutuhkan pad arak koleksi dan juga system layanan tertutup (Close access) pada ruang layanan tertentu.

Layanan Perpustakaannya cukup banyak ada 14 jenis yaitu :

  • Layanan Sirkulasi (peminjaman dan pengembalian)
  • Layanan kartu anggota
  • Layanan koleksi umum
  • Layanan koleksi referensi
  • Layanan penelusuran OPAC (Online Public Access Catalog)
  • Layanan internet
  • Layanan peminjaman CD/ VCD
  • Layanan Bimbingan Pembaca
  • Layanan kunjungan kelompok
  • Layanan Story Telling
  • Layanan Mobil Pintar
  • Layanan Perpustakaan Keliling
  • Layanan Hari Sabtu
  • Layanan Perpustakaan Keliling Hari Minggu (CFD)

Media Informasi

Untuk mengakses informasi seputar Perpustakaan Daerah Provinsi Kalimantan Tengah bisa mengakses website resminya dan melalui media social, silahkan difollow instagramnya @perpustakaankalteng.

Jika kamu penasaran silahkan dikunjungi yaa, “ayo itah membaca buku”

Pribadipun belum pernah kesana, semuga ditahun kedepan bisa berkunjung dan memanfaatkan berbagai layanan yang disediakan.

Salam Literasi & Maju terus Perpustakaan di Indonesia

Sumber Referensi :

Website Resmi Perpustakaan Umum Provinsi Kalimantan Tengah dan Media Sosialnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar