Kamis, 10 September 2020

3 jurusan ilmu Perpustakaan di Kampus Surabaya ini layak kamu pilih

 


Foto Pustakawan dari sini

Diera saat ini, informasi ditengah masyarakat berkembang dan beredar dengan cepat. Informasi-informasi ini tentu saja belum tentu benar dan kadangkala menimbulkan berita bohong atau hoax.

Berita hoax adalah musuh kita bersama, lalau bagaimana kita menyikapi informasi yang kita terima. Pertama yang harus dilakukan adalah melakukan cek kebenaran berita tersebut dari situs resmi atau tempat yang terpercaya, jika memang benar baru bisa dishare ke banyak orang.

Kita tahu untuk mengelola informasi juga diperlukan keahlian atau kompetensi khusus, diantaranya dalam hal penyeleksian informasi, pengelompokkan informasi, dan penyerbarluasan informasi.

Pusat informasi di Indonesia yang kita yang kita kenal ada museum juga Perpustakaan.

Perpustakaan sebagai pusat informasi perlu seseorang yang ahli dalam pengelolannya, yaitu seorang pustakawan. Pustakawan menurut UU No.43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan yaitu seseorang yang memiliki kompetensi yang diperoleh melalui pendidikan dan/ atau pelatihan kepustakawaan serta mempunyai tugas dan tanggung jawab untuk melaksanakan pengelolaan dan pelayanan perpustakaan.

Berbicara tentang program studi pendidikan ilmu Perpustakaan tentunya sangat menarik, saat ini banyak lulusan ilmu perpustakaan yang dibutuhkan oleh sekolah, instansi pemerintah dan swasta maupun media massa.

Kota Surabaya Jawa Timur yang menjadi jujukan para pemuda dari luar daerah yang menimba ilmu ternyata mempunyai kampus yang ada program studi ilmu Perpustakaannya. Ada 2 kampus yang memiliki prodi ini siapaa kira-kira…

  • D3 Perpustakaan Unair

Pogram studi ini dulu bernama Program Studi Teknisi Perpustakaan (PSTP) yang mana telah menghasilkan lululan yang tersebar di berbagai lembaga dan daerah di Indonesia. Prodi Perpustakaan didirikan tahun 1981 dengan program D-II dan tahun 1989 menjadi D-III berada dibawah naungan Departemen Informasi & Perpustakaan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

Perkembangan prodi Perpustakaan merupakan suatu bentuk kemampuan prodi untuk merespons permintaan masyarakat luas dan menjawab kebutuhan dibidang Perpustakkaan dan Kearsipan yang mana dalam hal ini banyak organisasi yang membutuhkan tenaga pengelola teknis bidang Perpustakaan dan Kearsipan.

Dengan berbekal pada pengalaman, kualitas sumber daya manusia dan kesungguhan untuk turut membangun generasi bangsa, prodi Perpustakaan senantiasa siap mencetak lulusan yang kompeten dibidangnya, bermoral dan berkepribadian. Mulai tahun 2014 prodi Perpustakaan masuk Fakultas Vokasi dibawah Departemen Teknik, dengan paying Fakultas okasi, Prodi Diploma III berusaha selalu responsive dan adaftif terhadap kemajuan jaman dan tuntunan manusianya.

 Dalam upaya memenuhi kebutuhan tenaga professional informasi, prodi Perpustakaan melahirkan tenaga pengelola informasi/ Perpustakaan yang sudah tersebar di berbagai instansi seperti Perpustakaan Perguruan Tinggi, Perpustakaan Pemerintah (Umum), Perpustakaan pada perusahaan swasta, Perpustakaan Sekolah, berwirausaha, pusat arsip, dan lain-lain.

Jika berminat untuk bergabung bisa mengunjungi situs resminya di D3 Perpustakaan, adapun lokasinya Prodi ada di Kampus B Jl.Dharmawangsa Dalam, Surabaya.

  • S1 Ilmu Informasi dan Perpustakaan Unair

Prodi Ilmu Informasi dan Perpustakaan strata satu ini didirikan pada tahun 2003 berada di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik dan merupakan Prodi termuda di Fakultas. Keunggulan Prodi IIP adalah pada fokusnya untuk menghasilkan lulusan yang merespon dinamika perkembangan masyarakat yang disebut masyarakat informasi dengan kemampuan pengelolaan suatu system pengumpulan, pengolahan, pengelolan dan penyebaran informasi baik di Perpustakaan maupun institusi pengelola informasi serta organisasi pengelola informasi.

Ditengah perkembangan masyarakat informasi dan post-industrial serta perekonomian informasional di mana penggunaan teknologi informasi dan internet makin massive,kehadiran prodi IIP sangatlah penting dan relevan dengan perkembangan kebutuhan pasar kerja.

Di Indonesia keberadaan prodi IIP masih relative jarang, antara kaub hanya ada di UI, UGM, Unpad, sehingga peluang lulusan prodi IIP di pasaran kerja masih terbuka. Progam IIP dahulu punya program alih jenjang dari DIII ke S1 akan tetapi info terakhir sudah dihapuskan sehingga hanya ada program S1 reguler.

Jika tertarik untuk bergabung dan ingin tahu seluk beluk seputar prodi IIP bisa kunjungi website resminya disini, adapun alamatnya ada di Kampus B Jl.Dharmawangsa Dalam, Surabaya.

  • S1 Ilmu Perpustakaan UWKS

Universitas Wijaya Kusuma Surabaya (UWKS) juga mempunyai program studi ilmu Perpustakaan lho, kampus ini berada di Jalan Dukuh Kupang  XXV-54 Surabaya. Prodi ilmu Perpustakaan berada pada fakultas ilmu social dan ilmu politik.

Jurusan ilmu Perpustakaan (JIP) UWKS memiliki visi yaitu “menjadi program studi yang memiliki keunggukan dibidang ilmu Perpustakaan dan Bisnis Informasi berbasis teknologi”. Sedangkan profil lulusannya bisa menjadi pengelola dan pengembang pusdokinfo (Library and Information Services Provider), sebagai arsiparis, pengkaji informasi, pendidik (dosen), Manajer, Comunicator, Wisaswasta dan Kurator.

Ohh iya, di prodi ini juga ada program alih jalur dari DIII ke S1 Perpustakaan. Kelasnya adalah kelas sore sehingga cukup membantu bagi para Pustakawan yang bekerja dan ingin melanjutkan ke jenjang Sarjana. Jika tertarik silahkan cari informasi terkait kurikulum dan biaya masuk di website resminya disini.

Demikian tadi 3 jurusan ilmu Perpustakaan yang ada di kampus kota Surabaya yang bisa menjadi referensi bagi pelajar yang ingin menjadi Pustakawan atau pengelola Informasi.

Salam Literasi & Maju terus Perpustakaan di Indonesia

Sumber Referensi :

UU No.43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan

Website Prodi DIII Perpustakaan Unair

Website Prodi IIP Unair

Website Prodi Ilmu Perpustakaan UWKS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar