Senin, 14 September 2020

Memperingati hari kunjung Perpustakaan


Foto : Instagram/perpussip_gresik

Hari kunjung Perpustakaan atau hari berkunjung ke Perpustakaan diperingati tanggal 14 September setiap tahunnya.

Sejarahnya hari kunjung Perpustakaan sendiri pertama kali dicanangkan tahun 1995, penetapan perayaan itu berdasarkan surat Kepala Perpustakaan Nasional RI Nomor 020/A1/VIII/1995 pada tanggal 11 Agustus 1995 kepada Presiden RI kala itu, Soeharto. Kemudian surat itu mendapat respond an Presiden Soeharto meresmikannya pada 14 September 1995, disaat yang sama bulan September juga diresmikan sebagai bulan gemar membaca. Alasan dalam dua peresmian ini yakni untuk meningkatkan minat baca masyarakat Indonesia.

Tahun 2020 ini peringatan hari kunjung Perpustakaan di Indonesia sudah memasuki usia ke-25, tentu saja sudah banyak capaian yang telah dilakukan Perpustakaan Nasional RI dalam meningkatkan minat baca Masyarakat Indonesia.

Kita lihat juga berdasarkan sensus Perpustakaan yang dilakukan oleh Perpusnas RI pada tahun 2018 memperlihatkan bahwa ada 164.610 Perpustakaan yang tersebar diseluruh Indonesia. Hal ini juga menjadikan Indonesia sebagai negara dengan jumlah Perpustakaan tertinggi kedua didunia (berdasarkan data tahun 2018 dari online computer library center).

Kembali dalam peringatan hari kunjung Perpustakaan ini banyak cara dilakukan oleh Perpustakaan-Perpustakaan di Indonesia dalam rangka sekaligus promosi layanan Perpustakaan.

Perpusda Gresik

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gresik atau biasanya disebut Perpusda/ Perda Gresik juga tak mau kalah dengan Perpustakaan lain. Pihak Perpustakaan pada tahun 2020 ini memberikan bingkisan kepada pemustaka yang beruntung saat berkunjung ke Perpustakaan Daerah.

Hadiahnya juga menarik yakni ada Masker, vitamin, dan buku, mereka yang beruntung ini juga diminta memberikan kesaksian tentang layanan Perpustakaan, pertama kali berkunjung dan kenal Perpustakaan, kesan dan saran untuk perbaikan layanan Perpustakaan kedepannya. Berikut ada videonya

Perpusnas RI

Perpustakaan Nasional RI sebagai Perpustakaan Pembina semua jenis Perpustakaan di Indonesia pada peringatan 25 hari kunjung perpustakaan dan bulan gemar membaca ini memiliki banyak agenda, diantaranya webinar selama enam hari berturut-turut (khusus hari kerja) mulai Senin 14 September 2020 sampai dengan Senin 21 September 2020.


Foto dari Facebook/Perpustakaan Nasional

Tema-tema yang diangkat dalam webinarnya pun sangat menarik dan layak untuk diikuti, jika kamu tertarik untuk mengikuti silahkan mendaftar langsung atau jika kuotanya penuh bisa langsung melalui kanal Youtube Perpustakaan Nasional RI.

Salam Literasi & Majuterus Perpustakaan di Indonesia

Sumber Referensi :

Fakta Hari Kunjung Perpustakaan dan media sosial PerpusnasRI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar