Kamis, 01 Oktober 2020

Mengenal koleksi Perpustakaan dan jenisnya

 


Foto Koleksi rujukan dari sini

Perpustakaan memang tak bisa dipungkiri identik dengan buku atau koleksi didalamnya, akan tetapi dengan berkembangnya Teknologi Informasi banyak ragam koleksi Perpustakaan saat ini yang bisa untuk koleksi Perpustakaan. Kali ini kita akan belajar tentang koleksi Perpustakaan dan jenisnya,

Berdasarkan Undang-undang No.43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan Koleksi Perpustakaan adalah semua informasi dalam bentuk karya tulis, karya cetak, dan /atau karya rekam dalam berbagai media yang mempunyai nilai pendidikan, yang dihimpun, diolah dan dilayankan.

Menurut fisiknya koleksi Perpustakaan pada dasanya dibedakan kedalam tiga jenis yaitu karya cetak, karya noncetak dan bentuk mikro (Clayton & Gorman, 2001; Yulia & Sujana, 2007; laksmi,2005). Ketiga jenis tersebut yaitu ;

  • Karya Cetak

Karya cetak adalah koleksi berupa bentuk cetak yang memuat hasil pemikiran manusia, karya cetak terdiri dari buku dan bukan buku. Berdasarkan standar UNESCO karakteristik buku terdiri dari 49 halaman tidak termasuk cover, sedangkan karya cetak bukan buku ada 4 jenis yaitu terbitan berseri (biasanya terbit harian,mingguan, bulanan dan seterusnya contohnya surat kabar, majalah, laporan).

Berikutnya ada bahan kartografi (peta, atlas, bola dunia, foto udara); gambar; brosur, pamphlet atau buklet; dan makalah.

  • Karya Noncetak

Karya noncetak adalah koleksi tidak dalam bentuk cetak yang memuat hasil pemikiran manusia, seperti rekaman suara, rekaman video, rekaman gambar dan sebagainya. Istilah lain yang dipakai yaitu bahan pandang dengar.

Yang termasuk jenis karya noncetak ini yaitu rekaman suara (contoh buku pelajaran Bahasa inggis yang dikombinasikan dengan pita kaset); rekaman gambar hidup atau rekaman video (kaset,gulungan, kaset video); rekaman data magnetis/ digital (contoh disket, CD, dan pangkalan data); bahan grafika dibaca dengan alat proyektor (filmstripm slide, transparansi); bahan kartigrafi representasi grafika dari alam semesta, seperti bumi, mata hari, berbagai planet dan badan ruang angkasa lainnya.

  • Bentuk Mikro

Koleksi bentuk mikro ini merupakan semua bahan pustaka yang menggunakan media film dan tidak dapat dibaca dengan mata biasa melainkan harus menggunakan alat yang dinamakan microreader. Ada 3 macam bentuk mikro yang biasanya menjadi koleksi Perpustakaan yaitu microfilm: bentuk mikro dalam gulungan film (ada tiga jenis ukuran film 8 mm, 16 mm dan 35 mm); mikrofis: bentuk mikro dalam lembaran film dengan ukuran standar 105 mm dan 148 mm (standar) serta 75 mm x 125 mm; micropaque: bentuk mikro ketika informasinya dicetak ke dalam kertas yang mengkilat dan tidak tembus cahaya.

Itu tadi pengertian koleksi perpustakaan dan jenis koleksi yang ada di Perpustakaan, sebenarnya untuk jenis koleksi diatas biasanya yang lebih banyak memiliki adalah Perpustakaan yang lingkup layanannya luas misalnya Perpustakaan Nasional, Perpustakaan Umum Provinsi/Kab/Kota serta Perpustakaan Perguruan Tinggi.

Salam Literasi & Maju Terus Perpustakaan di Indonesia

Sumber Referensi :

UU No.43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan

Dr.Laksmi, M.A. Modul Pengembangan Koleksi. Universitas Terbuka

Website Perpustakaan IPB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar