Senin, 28 September 2020

Mengenal Perpustakaan Daerah Gresik

 


Foto : Instagram/perpussip_gresik

Sudahkah kamu mengunjungi Perpustakaan Umum/ Daerah didaerahmu ?

Perpustakaan umum berdasarkan Undang-Undang no.43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan adalah Perpustakaan yang diperuntukkan bagi masyarakat luas sebagai sarana pembelajaran sepanjang hayat tanpa membedakan umur, jenis kelamin, suku, ras, agama, dan status social-ekonomi.

Di Kabupaten Gresik Provinsi Jawa Timur juga memiliki Perpustakaan Umum/ Daerah, biasanya masyarakat menyebutnya dengan sebutan Perpusda Gresik atau Perda Gresik. Sebenarnya dimana sih lokasi Perpustakaan Daerah yang menjadi jujukan warga masyarakat Gresik ini berada?

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gresik atau Perpustakaan Daerah ini beralamat di Jalan Jaksa Agung Suprapto No.20 Gresik Jawa Timur Indonesia, sebelah kanan berbatasan dengan SMPN 1 Gresik, sebelah kiri ada Kantor Kelurahan Sidokumpul dan diseberang ada Gedung Wahana Ekspresi Poesponegoro (WEP) Gresik. Lokasi Perpustakaan cukup strategis karena dekat sekolah SDN dan SMP serta Perguruan Tinggi. Kira-kira ada apa saja, mari kita jelajahi

Jam Operasional Layanan Perpustakaan

Jam layanan Perpustakaan daerah Gresik yaitu Senin-Kamis pukul 07.30-15.30 WIB, Jum’at pukul 08.00-15.30 WIB, Sabtu-Minggu pukul 09.00-14.00 WIB. Tanggal Merah Hari libur Nasional, cuti bersama TUTUP.

Selama pandemic ini layanan Perpustakaan juga buka tetapi dengan jam buka layanan yang terbatas yaitu Senin-Jum’at pukul 09.00-12.00 WIB, Sabtu-Minggu TUTUP. Tanggal Merah Hari libur Nasional, cuti bersama TUTUP.

Syarat Menjadi Anggota Perpustakaan

Untuk masuk dan memanfaatkan layanan Perpustakaan Daerah Gresik cukup mudah dengan mengisi buku tamu dikomputer yang disediakan, tetapi untuk bisa pinjam koleksi di bawa pulang diwajibkan menjadi anggota Perpustakaan Daerah.

Syaratnya cukup mudah yaitu mengisi formulir pendaftaran di Perpustakaan, Fotokopi KTP (Domisili Gresik) 1 lembar, foto ditempat dan tidak sampai 5 menit KTA langsung jadi. Jika belum mempunyai KTP bisa menggunakan Fokopi Kartu Keluarga 1 lembar. Untuk Mendaftar minimal 5 tahun atau sudah sekolah TK/ PAUD.

Fasilitas dan Kondisi Ruang Baca

Fasilitas Perpustakaan yang bisa dinikmati diantarannya ruangan ber-AC, Komputer untuk Pemustaka, Internet dan Wifi Gratis, Smart TV 60 Inchi, Panggung Story Telling, Pustaka Digital (PaDi) dan area parker yang cukup luas.

Kondisi ruang baca cukup nyaman, ada 2 lokasi ruang baca, pertama Ruang baca anak lantai 1. Layanan ruang baca anak ini dikhususkan untuk pemustaka cilik mulai dari PAUD/TK dan SD, ada banyak koleksi dan peraga edukasi. Kedua Ruang baca umum ada dilantai 3, ruang baca umum ini untuk Pelajar, SMP, SMA, Mahasiswa, Ibu Rumah Tangga, Karyawan swasta dll.

Jenis Layanan

Layanan Perpustakaan yang bisa dinikmati oleh pemustaka ada beberapa jenis diantaranya Layanan Sirkulasi, Layanan Anak dan Layanan Umum, Layanan Referensi, Layanan Pustaka Digital (PaDi), Layanan koran, majalah dan terbitan berseri, Layanan Mobil Pintar Perpustakaan, Layanan Internet Anak dan Dewasa, Layanan Lansia dan Difabel, Layanan Audio Visual, Layanan Deposit Literasi Ilmiah (DEPOT ILMI) dan Layanan RBBA di setiap Kecamatan.

Media Informasi

Untuk informasi seputar kegiatan dan layanan Perpustakaan bisa diakses di website resmi Perpustakaan Daerah Kabupaten Gresik dan media social facebook : Perpustakaan Arsip Gresik serta Instagram : Perpustakaan Arsip Gresik. Jangan lupa difollow ya

Jika masih penasaran silahkan kunjungi langsung dengan tetap menaati protocol kesehatan wajib pakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. Oh iyaa, selama pandemi layanan Perpustakaan juga bisa dinikmati secara online dengan Apps Perpustakaan Digital iGresik. Bisa diakses melalui ponsel pintar dan tersedia di Google Playstore.

Salam Literasi & Maju terus Perpustakaan di Indonesia

Sumber Referensi :

UU No.43 tahun 2007 tentang Perpustakaan dan Media Sosial Perpustakaan Daerah Gresik

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar