Kamis, 24 September 2020

Perpustakaan adalah salah satu ternyaman bagi mahasiswa di kampus

 


Foto : Perpustakaan Kampus B Unair dari sini

Tulisan ini berdasar pengalaman pribadi saat sedang menempuh studi dahulu

Perpustakaan kampus atau disebut Perpustakaan Perguruan Tinggi adalah unit kerja yang biasanya wajib ada di sebuah Perguruan Tinggi. Karena fungsinya yang mendukung Tri Dharma Perguruan Tinggi, yakni Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat.

Bagi mahasiswa ada beberapa tempat atau lokasi yang biasanya menjadi jujukan/ lokasi favorit untuk nongkrong, diskusi, menyendiri dan sebagainya. Diantaranya seperti  Perpustakaan, Kantin Kampus, Tempat Ibadah Masjid, dan Gazebo.

Bagi pribadi selain Masjid, Perpustakaan adalah tempat yang menjadi jujukan saat sedang senggang atau tidak ada jam perkuliahan. Terlepas dari jurusan yang dipilih adalah ilmu Perpustakaan, tetapi banyak juga mahasiswa diluar itu yang menjadikan Perpustakaan sebagai tempat nyaman untuk didatangi.

Berikut ini beberapa alasan yang menjadikan Perpustakaan sebagai tempat nyaman dikampus :

  • Diskusi Kelompok

Menjadikan Perpustakaan sebagai tempat mengerjakan tugas Perkuliahan adalah hal lumrah bagi para mahasiswa, pengalaman dulu saat kuliah memang selalu berkunjung ke Perpustakaan jika mengerjakan tugas. Tak jarang Perpustakaan di kampus juga menyediakan ruang khusus untuk diskusi contohnya di Perpustakaan Universitas Airlangga Surabaya.

  • Mencari Referensi Perkuliahan

Harga-harga buku yang mahal juga menjadikan Perpustakaan lebih ramai, karena keberadannya sangat membantu bagi para mahasiswa mendapatkan referensi untuk membantu dalam perkuliahan. Koleksi Perpustakaan kampus pun bisanya sangat banyak untuk menunjang semua jurusan yang ada.

  • Menambah wawasan

Layanan Perpustakaan yang ada dikampus ada berbagai jenis dan koleksinya beragam tidak melulu buku teori perkuliahan, ada layanan majalah dan koran terbitan berseri yang bisa dimanfaatkan oleh civitas akademika untuk menambah wawasan dan update informasi terbaru.

  • Koneksi internet kuat

Nah ini juga salah satu alasan kenapa Mahasiswa sering ke Perpustakaan yaitu memanfaatkan koneksi internet nirkabel dan gratis pula. Biasanya para Mahasiswa memang sangat kesulitan terkait koneksi ini karna dananya lebih baik untuk pos kebutuhan yang lain dan adanya wifii sangatlah membantu.

Itu tadi beberapa alasan yang membuat Perpustakaan kampus menjadi tempat yang nyaman untuk menghabiskan waktu bagi Mahasiswa, malah biasanya bagi mahasiswa yang sedang studi Perpustakaan menjadi lokasi pertama yang wajib didatangi.

Salam Literasi & Maju terus Perpustakaan di Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar