Senin, 05 Oktober 2020

Berkunjung ke Perpustakaan Daerah Kotawaringin Barat

 

Foto : Instagram/Dpk.kobar


Sebagai warga Kotawaringin Barat pernahkah kamu berkunjung ke Perpustakaan Daerah Kab.Kotawaringin Barat ? ingin berkunjung tapi tidak tahu lokasinya, yuk kita bahas

Lokasinya Perpustakaan Daerah Kab.Kotawaringin Barat ada di Jalan Sutan Syahrir No 15 Pangkalan Bun, disamping Kantor BKPP Kobar atau diseberang Rumah Sakit Sultan Imanuddin, tak sulit menemukannya karena gedungnya pun sudah tampak menarik dilihat dari luarnya.

Perpusda Kobar atau Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kotawaringin Barat adalah salah satu perangkat daerah yang memberikan pelayanan publik di bidang Perpustakaan dan Kearsipan. Masyarakat atau pemustaka bisa mendapatkan akses layanan Perpustakaan baik koleksi buku, ebook, layanan computer dan berbagai kegiatan pelibatan masyarakat secara GRATIS dan Cuma-Cuma.

Syaratnya cukup datang saja ke Perpustakaan, begitu masuk pertama kali kita langsung berhadapan dengan front office dan diberikan arahan untuk mengisi buku tamu di computer yang tersedia, setelah mengisi absen jika membawa barang bawaan bisa pinjam kunci loker dengan cara menukar identitas.

Jam Layanan Perpustakaan

Sebelum ada Pandemi Layanan Perpustakaan Daerah Kobar buka setiap hari Senin-Minggu pukul 07.00-20.00 WIB, tanggal merah dan hari libur nasional TUTUP.

Tetapi selama masa Pandemi Covid-19 ini Layanan Perpustakaan mengalami perubahan yang mana hanya buka hari kerja dengan jam yang terbatas.

Syarat Menjadi Anggota

Untuk cara menjadi anggotanya juga cukup mudah diantaranya :

  • Membawa fotokopi KTP/ Katu Keluarga 1 lembar,
  • Mengisi formulir pendaftaran,
  • Bagi yang tidak memiliki KTP/ KK Kobar bisa melampirkan surat keterangan domisili dari RT  setempat,
  • Bersedia mematuhi ketentuan dan tata terbit dan Pastinya tidak dipungut biaya (GRATIS)

*Tak perlu bawa foto karena foto dilakukan langsung ditempat, prosesnya pun cukup cepat tak sampai 5 menit KTA langsung jadi dan bisa digunakan untuk mengakses layanan dan meminjam buku

Fasilitas dan kondisi Ruang Baca

Ruang Baca di Perpusda Kobar ini menurut saya sangat kerenn dan hidup, ruang baca dindingnya dicat dengan aneka warna yang menarik ditambah dengan fasilitas meja dan kursi baca yang juga nyaman. Suasana sangat enak dan tidak membosankan karena filosofi warna dinding ruang itu sangat mempengaruhi mood dan psikologi pengguna. Koleksinya juga sangat banyak dan menarik.

Disebelah ruang baca untuk umum  dan remaja ada Ruang Baca khusus anak dan lagi-lagi ruangan dan berbagai perabotnya disetting sangat menarik dan cukup menghibur bagi pemustaka cilik selain itu ada juga berbagai alat permainan edukasi yang bisa dimanfaatkan dan banyak lagi.

Layanan

Layanan Perpustakaan Daerah yang bisa dinikmati oleh pemustaka ada beberapa jenis yaitu Layanan Sirkulasi; layanan referensi; layanan anggota; layanan baca ditempat; layanan audio visual; layanan computer dan internet; layanan wifi; layanan Perpustakaan keliling; layanan wisata pustaka; layanan pinjam pakai; layanan ruang baca anak; layanan ruang bermain anak; layanan mendongeng/ storytelling; layanan ebook; dan area bermain anak (outdoor).

Ada juga kegiatan kelas berbagi dengan tema-tema yang menarik yang bisa diikuti oleh masyarakat dan berbagai lomba seperti lomba bercerita, lomba membaca puisi, dan lomba Perpustakaan.

Selain itu sekarang jika ingin mencari ketersediaan koleksi di Perpustakaan Daerah Kotawaringin Barat bisa diakses secara online melalui E-Pusda Kobar disini.

Media Informasi

Untuk informsdi seputar kegiatan dan layanan Perpustakaan bisa diakses melalui website resmi, ada media social Facebook : Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kab.Kotawaringin Barat dan akun Instagram dari Perpusda Kobar di @DPK.Kobar. Silahkan di follow

Bagi kamu warga Kotawaringin Barat ayook datang dan manfaatkan keberadaan Perpustakaan Daerah Kobar ingat kalau kita sudah tidak bersekolah maka di Perpustakaan atau melalui bukulah belajarnya.

Salam Literasi & Maju terus Perpustakaan di Indonesia

Sumber Referensi :

Website resmi Perpustakaan Daerah dan Instagramnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar