Senin, 12 Oktober 2020

Yukk ke Perpusda Lamongan

 

Foto : instagram.com/perpuslamongan

Bagi kamu warga kabupaten Lamongan Jawa Timur ada salah satu tempat yang layak kamu kunjungi untuk mencari informasi dan berwisata edukasi. Saya Pribadi pernah berkunjung ke Perpustakaan Daerah Kabupaten Lamongan pada tahun lalu 2019.

Ada apa saja dimana serta bagaimana prosedur untuk berkunjung kesana, yuk kita bahas

Dinas Perpustakaan Daerah Lamongan atau Perpusda Lamongan terletak di Jalan Jaksa Agung Suprapto No.65 Lamongan Jawa Timur, berdekatan dengan Terminal Lamongan, dan terlihat jelas jika dilihat dari jalan Nasional. Ada gedung bertuliskan “Perpustakaan Umum” itulah gedung layanan Perpustakaanya.

Apakah hanya warga Lamongan yang boleh masuk kesana ? ternyata tidak, jika kamu perantau atau pelajar yang studi di Lamongan tetap bisa masuk dan berkunjung juga akan tetapi jika meminjam sepertinya tidak bisa.

Pertamakali masuk ke Perpustakaan seperti biasa kita akan diminta mengisi buku tamu Perpustakaan di computer yang disediakan kemudian meminta kunci loker untuk menyimpan tas dan barang bawaan.

Jam Layanan Perpustakaan

Jam layanan Perpustakaan sebelum ada pandemi buka sampai sore setiap hari kecuali di tanggal merah dan hari libur nasional TUTUP.

Adapun jam layanan selama pandemi buka Senin-Kamis mulai pukul 08.00-12.00 WIB, Jum’at-Minggu TUTUP, Tanggal merah hari libur nasional TUTUP.

Syarat Menjadi Anggota

Untuk menjadi anggota Perpustakaan Daerah Kabupaten Lamongan cukup ber-KTP dan berdomisili Lamongan, dengan mengisi formulir dan menyerahkan pas photo. Tetapi saat ini dipermudah bisa menginput keanggotaan secara mandiri.

Layanan, Koleksi, Gedung dan Fasilitas Perpustakaan

Gedung layanan Perpustakaan Daerah Lamongan terdiri dari 2 lantai, lantai 2 untuk aula Perpustakaan sedangkan layanan sirkulasi dan ruang baca ada dilantai 1. Dilantai 1 ini ada layanan ruang baca anak, layanan remaja umum, layanan referensi, layanan majalah Koran terbitan berseri dan ada pula layanan Komputer dan wifi untuk pengunjung Perpustakaan. Ada pula layanan mendongeng dan layanan Perpustakaan kecamatan dan Perpustakaan Keliling.

Untuk koleksi tentunya ada ribuan buku yang bisa dinikmati baik tercetak maupun buku digital yuk datang ke Perpustakaan Daerah Lamongan. Ada juga buku referensi seperti kamus ensiklopedia dan buku local lamongan.

Untuk ruang karena berada satu lantai cukup memudahkan akses bagi pengunjung terutama bagi yang usia tidak muda tentu terbantu. Fasilitas yang ada si ruang baca juga cukup memadai dan nyaman untuk berlama-lama di Perpustakaan.

Media informasi

Untuk kegiatan Perpustakaan Daerah Kabupaten Lamongan selalui diupdate melalui website dan media social Perpustakaan. Instagram dengan nama akun @perpuslamongan. Silahkan difollow ya

Perpustakaan Daerah Lamongan juga memiliki aplikasi Perpustakaan digital iLamongan untuk menyasar generasi muda agar tetap membaca, apps iLamongan ini bisa diunduh dan install di Google Playstore dan bisa membaca meminjam buku lewat smartphone saja. Sangat mudah sekali.

Kemudian ada juga layanan TBM di alun-alun Lamongan biasanya diisi kegiatan bersama beberapa komunitas literasi di Lamongan salah satunya GPAN Lamongan.

Salam Literasi & Maju terus Perpustakaan di Indonesia

Sumber Referensi :

Website Perpustakaan dan instagram Perpustakaan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar