Kamis, 26 April 2012

About Buku

Saat sedang membaca buku Perpustakaan sebagai jantung sekolah karangan Suherman, M.Si saya mendapatkan banyak manfaat, selain pengetahuan tentang seluk-beluk perpustakaan sekolah bertambah, nilai plus lagi adalah saya menemukan berbagai kata-kata indah tentang buku.
berikut adalah kata-katanya :

  1. Buku adalah jendela dunia. Ia merupakan pusaka kemanusiaan yang membuat peradaban berlangsung hingga hari ini. Didalamnya terkandung jiwa zaman di sepanjang waktu, ia adalah jendela dunia yang mengandung hikmah masa lalu.
  2. Buku adalah pengusung peradaban. Tanpa buku sejarah diam, sastra bungkam, sains lumpuh, pemikiran macet. Buku adalah mesin perubahan, jendela dunia, mercusuar yang dipancangkn di samudra waktu (Barbara Tuchman, 1990).
  3. Buku adalah jendela. Sukma kita melihat dunia luar lewat jendela ini. Rumah tanpa buku bagaikan ruangan tak berjendela (Henry Ward Beecher,1870).
  4. Buku adalah benda luar biasa. Buku itu seperti taman indah penuh dengan bunga aneka-warna, ia seperti permadani terbang yang sanggup melayangkan kita ke negeri-negeri tak dikenal sebelumnya (Frank Gruber, 1944).
  5. Buku harus menjadi kampak. Untuk menghancurkan lautan beku didalam diri kita (Franz Kafka, 1883-1924).
  6. Tanpa buku Tuhan diam, keadilan terbenam, sains alam macet, sastra bisu, dan seluruhnya dirundung kegelapan (Thomas V.Bartholin, 1627)
  7. Buku itu cermin. Kalau keledai bercermin disitu, tak akan muncul wajah ulama (G.C. Lichtenberg).
  8. Buku adalah teman paling pendiam dan selalu siap ditempat. Ia penasihat yang paling mudah ditemui dan paling bijaksana, serta guru yang luar biasa sabar (Charles W. Eliot, 1896).
  9. Kalau ada uang sedikit, saya beli buku, kalau masih ada sisanya, saya beli makanan dan pakaian (Desiderius Erasmus).
  10. Buku sebenarnya bukanlah yang kita baca, melainkan yang membaca kita (W.H. Auden, 1973).
  11. Orang mana bisa tahu tentang waktu yang habiskan dan susah payahnya belajar membaca (buku). Saya sudah 80 tahun berusaha, belum juga mencapai tujuan (Goethe).
  12. Biarlah saya jadi orang miskin, tinggal digubuk tapi punya buku banyak daripada jadi raja tapi tak suka membaca (Thomas B. Macaulay, 1876).
  13. Saya tak bisa hidup tanpa buku (Thomas Jefferson, 1815).
  14. Duduk sendirian dibawah sinar lampu, buku terkembang didepan. Bercakap-cakapsecara akrab dengan manusia dari generasi yang tak tampak ? sungguh suatu kenikmatan yang tak tertara (Yoshida Kenko, 1688).
  15. Banyak orang seperti saya, orang yang perlu buku, seperti mereka perlu udara (Richard Marek, 1987).
  16. Buku itu seperti taman yang bisa dimasukkan kedalam kantong (Pepatah Tiongkok).
  17. Saya tidak membaca buku : saya berbicara dengan pengarangnya (Elbert Hubbard, 1927).
  18. Universitas sejati hari ini adalah sebuah kumpulan buku (Thomas Carlyle).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar