Senin, 19 Oktober 2020

5 Perpustakaan terbesar yang ada di pulau Kalimantan

 

Perpustakaan adalah institusi pengelola koleksi karya tulis, karya cetak, dan/atau karya rekam secara profesional dengan sistem yang baku guna memenuhi kebutuhan pendidikan, penelitian, pelestarian,informasi, dan rekreasi para pemustaka. (UU No.43 tahun 2007 tentang Perpustakaan).

Perpustakaan ada beberapa jenis diantaranya adalah Perpustakaan Umum, Perpustakaan umum pun dibagi  lagi yakni Perpustakaan Umum tingkat Provinsi dan Perpustakaan Umum tingkat Kab/Kota, Perpustakaan Umum tingkat Kecamatan, Perpustakaan Umum tingkat Desa. Tetapi kali ini kita akan membahas Perpustakaan Umum tingkat Provinsi yang mana menjadi Perpustakaan tersebar dan menjadi Perpustakaan Pembina serta rujukan bagi Perpustakaan-Perpustakaan diwilayahnya.

Pulau Kalimantan adalah salah satu pulau terbesar didunia yang dibagi kedalam 5 Provinsi yaitu Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara, Provinsi terakhir adalah Provinsi termuda hasil pemekaran wilayah.

Berikut ini 5 Perpustakaan terbesar yang ada di Pulau Kalimantan, yaitu

  • Disperpussip Kalteng/ Perpustakaan Kalteng

Foto : Instagram.com/@Perpustakaankalteng

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Tengah beralamat di Jl.Ais Nasution No.11 kota Palangka Raya Provinsi Kalimantan Tengah. Perpustakaaan Umum Kalimantan tengah ini bisa menjadi jujukan warga Kalimantan Tengah baik pelajar dan mahasiswa maupun warga lainnya dalam mencari informasi atau untuk bacaan yang digemari.

Selain itu layanan di Perpustakaan Disperpussip Kalteng juga menyediakan layanan Perpustakaan Online melalui Apps Perpustakaan Digital iKalteng yang bisa diinstal di HP dan bisa meminjam membaca lewat layar HP tersebut tanpa harus datang ke Perpustakaan. Untuk info lebih lanjut bisa difollow Media Sosial dan Websitenya.

  • Dispersip Kalsel/ Perpustakaan Kalsel

Foto : Talkshow di Dispersip Kalsel

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan berlokasi di Jl.A.Yani Km.6,400 No.6 kota Banjarmasin Kalimantan Selatan. Jam buka layanan Perpustakaan Kalsel selama pandemi yaitu Senin-Kamis 09.00-15.00 WITA, Jum’at 08.30-15.00 WITA. 

Perpustakaan Provinsi Kalsel sering mengadakan acara webinar maupun workshop melalui daring yang bisa diikuti oleh masyarakat yang membutuhkan. Untuk info lebih lanjut bisa difollow Media Sosial dan Websitenya.

  • DPK Kalbar/ Perpustakaan Kalbar

Foto : Ruang Baca DPK Kalbar

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Barat berlokasi di Jl.Letjen Sutoyo No.6 kota Pontianak Kalimantan Barat. Jam layanan Perpustakaan Kalbar Senin-Jum’at pukul 07.15-15.45 WIB, 

Layanan Perpustakaan bisa dinikmati oleh masyarakat Kalbar secara Gratis dan juga ada layanan daring melalui Perpustakaan Digital iKalbar yang bisa dimanfaatkan oleh generasi milenial. Untuk info lebih lanjut bisa difollow Media Sosial dan Websitenya.

  • DPKD Kaltim/ Perpustakaan Kaltim

Foto : Instagram/perpuskaltim

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Kalimantan Timur berlokasi di Jl.Ir.H.Juanda No.4 kota Samarinda Kalimantan Timur, Jl.Bung Tomo, Samarinda Seberang No.130 Samarinda Kalimantan Timur.

Layanan Perpustakaan Provinsi Kaltim buka dihari kerja Senin-Kamis pukul 07.30-16.00, Jumat pukul 08.00-11.30, Sabtu-Minggu TUTUP. Untuk info lebih lanjut bisa difollow Media Sosial dan Websitenya.

  • DPK Kaltara/ Perpustakaan Kaltara

Foto : Layanan Online IKaltara

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Utara berlokasi di Jl.Jeruk No.01A, Tanjung Selor,Kab.Bulungan Kalimantan Utara. Jam operasional layanan Perpustakaan senin-kamis 07.30-16.00 WITA, Jum’at 07.30-11.30 WITA. Untuk info lebih lanjut bisa difollow Media Sosial dan Websitenya.

Nah itu tadi 5 Perpustakaan terbesar yang menjadi Perpustakaan rujukan dimasing-masing wilayah yang ada di pulau Kalimantan, semoga bermanfaat.

Salam Literasi & Maju terus Perpustakaan di Indonesia

Sumber Referensi :

UU No.43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan

Website Perpustakaan Provinsi Kalteng

Website Perpustakaan Provinsi Kalsel

Website Perpustakaan Provinsi Kalbar

Website Perpustakaan Provinsi Kaltim

Website Perpustakaan Provinsi Kaltara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar